Pada dasarnya, telah di tetapkan
bahwa pendidikan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas manusia
sebagai sumber daya pembangunan dan menjadi keutamaan dalam pembangunan.
Manusia yang berkualitas memiliki keseimbangan dalam tiga aspek, yaitu aspek
pribadi sebagai individu, aspek sosial dan aspek kebangsaan. Potensi manusia
dibedakan menjadi potensi fisik dan nirfisik. Dengan adanya kedua potensi
tersebut, manusia mampu berkarya dan berbudi pekerti luhur. Sebagai makhluk
sosial, manusia mempunyai rasa kesetiakawanan yang tinggi serta sosial,
disiplin sosial dan tanggung jawab sosial. Manusia yang memiliki aspek
kebangsaan mempunyai rasa cinta terhadap tanah air, jiwa patriotik dan
berwawasan tinggi dalam masa depan.
Potensi fisik dan nirfisik dalam
meningkatkan manusia sebagai makhluk individu, dilaksanakan dengan cara
pemberian pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap. Pembentukan nilai adalah
nilai-nilai budaya bangsa serta nilai-nilai keagamaan sesuai dengan keyakinan
(agama) masing-masing dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap
Tuhan Yang Maha Esa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar